26.11.10

Obat Batuk Alami

Musim hujan, cuaca dingin, kekebalan tubuh menurun batuk mudah menyerang. Bila sudah terkena batuk, terasa menjengkelkan. Apalagi ia kerap kambuh saat tidur di malam hari. Bila sudah demikian, selain mengonsumsi obat, penderita batuk disarankan istirahat.Istirahat dan tidur cukup memang terbukti ampuh melawan batuk dan koleganya: flu dan  demam.

Namun selain kadang ada beberapa penderita yang enggan mengonsumi obat kimia. Selain itu tak semua orang memiliki ketahanan sama dengan gatal di tenggorokan. Bagi yang ingin mempercepat penyembuhan batuk tak ada salahnya menyimak beberapa tips dibawah. Berikut kiat-kiat yang dianjurkan oleh Healthfreetips, agar batuk segera reda dan istirahat malam kita tak lagi terganggu tanpa bahan kimia.

Hiruplah uap dari air panas kucuran shower atau dari panci berisi air mendidih. Kelembaban udara panas akan melegakan pernafasan dan mengurangi peradangan sinus, dan iritasi di tenggorokan serta paru-paru. Beberapa tetes minyak kayu putih akan membantu proses tersebut
Naikkan posisi kepala anda saat tidur. Posisi ini akan membuat sinus dan dan jalan hidung mengering lebih baik, dan tidak memicu perasaan ''gatal" di tenggorokan.
Berhenti merokok. Asap pasif dan pengiritasi lain seperti bahan-bahan kimia dari pembersih rumah, karpet baru, debu sangat rentan mengiritasi tenggorokan, sehingga jangan tambahi dengan asap rokok.
Jangan memilih obat batuk yang menghentikan expectorant. Jenis obat batuk ini menekan gejala dan tidak menghentikan masalah sebenarnya. Jika anda menderita batuk berdahak, dengan mucus tentu anda ingin mengeluarkan dahak dari jalur pernafasan anda, tidak malah ditekan dan dihentikan. Cobalah beberapa resep pengeluaran expectorant alami : memakan cabai pedas segar, paprika, atau makanan pedas lain, mereka akan membantu mengeluarkan dahak.
Minum teh panas, atau jahe panas. Minuman ini berguna untuk memecah dahak, membuka dan melonggarkan jalan udara di tenggorokan dan hidung
Stop makan gorengan, kripik, dan permen. Ini akan membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan terutama bila anda menderita batuk kering. Sebagai gantinya pilih permen pedas karena itu efektif melembutkan tenggorokan
Konsumsi madu, terutama bila batuk terus-menerus disertai rasa gatal tak tertahankan. Madu merupakan antibiotik tinggi. Beberapa penelitian menyatakan madu mengurangi reaksi batuk dan efektif menekan batuk di malam hari.
Jika perlu gunakan syal menutup leher, dan tempatkan botol berisi air mendidih berbalut kain di leher. Cara yang sering dilakukan masyarakat tradisional Jawa ini membantu melegakan tenggorokan.

Sumber: replubika.co.id


2 komentar:

Epul mengatakan...

http://siipulblog.blogspot.com/ Ganti baju, silahkan kalau ingin berkunjung!

Epul mengatakan...

Ang pami ngadamel menu sms gratis sapertos di blog iyeu kumahanya carana? Pami aya HTML/JavaScript na kirimkennya ka email asepsaepul37@yahoo.co.id

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More