26.11.10

Demam, hindari obat penurun panas

Obat penurun panas seringkali menjadi pilihan guna mengatasi demam tinggi yang muncul. Padahal menurut dr martono Tri Utomo SpA, spesialis anak dari RSUD dr Soetomo, ibu tak perlu panik berlebihan bila suhu tubuh si kecil tiba-tiba meningkat.
Apalagi jika hanya sumer-sumer, sebaiknya menghindari penggunaan obat penurun panas. Sebaiknya obat penurun panas hanya diminumkan ketika suhu tubuh anak berkisar 38 derajat Celcius atau minimal 37,8 derajat Celcius.
Tujuannya tentu saja menghindari akibat jangka panjang dari konsumsi obat penurun panas yang bisa mengganggu kinerja liver. Meskipun obat penurun panas merupakan obat bebas, penggunaannya sebaiknya dihindari.
Mengompres dengan air hangat, dan minum air yang banyak sudah merupakan solusi yang paling tepat untuk menurunkan panas. Cairan yang masuk ke dalam tubuh baik dalam bentuk air putih, susu ataupun kuah makanan, nantinya akan dikeluarkan sebagai urine.
Otomatis akan menjadi sering kencing, itulah cara alami untuk menurunkan panas. Pastikan juga tubuh tidak mengalami dehidrasi. Sebab, kekurangan cairan tubuh bisa membahayakan kondisi tubuh. Bila panas tidak kunjung turun, sebaiknya segera bawa ke dokter.

Sumber: http://gugling.com/demam-hindari-penggunaan-obat-penurun-panas.html


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah artikel yg bagus nih, bisa buat jaga2 nanti kalo anak lagi demam. Sebagai ibu muda yg harus merawat anak, juga harus merawat diri juga kan merawat diri itu memang dibutuhkan wanita, apalagi untuk wanita berhijab. Padahal Sebenarnya aq dulu risih juga kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG. saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya mbak udah berbagi tips dan ceritanya...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More